+62 823-2000-0852

info@rentalkompresor.com

Follow Us:

cara mencegah Kebisingan pada Kompresor

ASD-37

Cara mencegah kebisingan pada kompresor – Setelah tahu fungsi dan kegunaan kompresor yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah produksi maka tidak ada salahnya untuk mengenal lebih lanjut tentang kompresor. Meskipun menghasilkan energi yang baik sebagai penunjang produksi tetap saja ada kekurangan sebuah kompresor yang tidak bisa dihindari.

Emisi suara atau kebisingan adalah energi yang dihasilkan dalam proses pengolahan udara bertekanan dan termasuk dalam kekurangan dari sebuah kompresor. Nah, adakah cara untuk mengurangi kebisingan yang dihasilkan saat kompresor udara bekerja?

Suara yang kita dengar saat pengoperasian tergantung pada kedekatan dengan sumber suara dan variable lain yang ada pada lingkungan tersebut. Variabel-variabel tersebut adalah ukuran ruangan, isi ruangan, dan berbagai permukaan yang ada dengan kemampuan untuk menyerap atau memantulkan suara. Seberapa efektifnya sebuah beda dapat menyerap suara kembali lagi berantung pada bahan pembuatnya. Contohnya dalam sebuah ruangan lantai kayu akan berbeda dengan ruangan berkarpet.

Pada Umumnya Kebisingan Kompresor

Pada umumnya suara mesin kompresor dapat berkisar antara 40-92 dB, sebagai ukuran dasarnya percakapan manusia berada pada kisaran 60dB. Kebisingan yang lebih tinggi dari 85dB mau apapun itu bisa dianggap berbahaya bagi pendengaran jika terpapar dalam waktu yang lama. Dapat disimpulokan bahwa pengurangan suara dari sebuah kompresor dan sistem udara bertekanan akan membuat tempat kerja lebih menyenangkan, nyaman dan lebih sehat serta aman.

Ukuran ruangan kompresor, posisi kompresor, dan baha yang digunakan dalam ruangan juga merupakan variable penting dalam menentukan dan menghasilkan kebisingan kompresor. Perpindahan getaran melalui sistem perpipaan udara bertekanan juga dapat berdampak pada perpindahan suara ke seluruh fasilitas. Maka dari it sangat penting untuk menyesuaikan kompresor dan sistem perpipaan dengan isolator getaran dan suara yang sesuai atau dengan menyertakan bagian perpipaan di dalam bahan penyerap suara untuk membantu meminimalkan kebisingan.

Cara Mencegah Kebisingan pada Kompresor

Nah, berikut adalah beberapa cara yang efektif untuk mengurangi kebisingan kompresor:

1.       Insulasi Suara : Menggunakan penempatan penghalang akustik antara sumber suara dan penerima. Sehingga hanya sebagian dari suara yang dapat diisolasi, tergantung pada penghalang dan karakteristik penghalangnya. Penghalang yang ukurannya lebih besar dan lebih berat biasanya akan lebih efektif daripada yang ukurannya kecil.

2.       Peredam Suara : Dengan mengelilingi sumber suara dengan penyerap berpori yang melekat pada penghalang. Biasanya ada tingkat pengurangan suara yang bentukannya seperti serat busa poliuretan / bahan kain yang berat.

3.       Insulasi Getaran : Dengan mencegah perpindahan getaran dari satu bagian ke bagian lain ternyata bisa mengurangi tingkat kebisingan suara juga. Salah satu area umum perpindahan getaran adalah dari bagian mesin yang besar melalui lantai. Pegas baja, gabus, plastic, serta karet adalah bahan yang bisa digunakan sebagai cara efektif untuk mengurangi perpindahan dan kebisingan mesin kompresor. Pilihan materialnya bisa didasarkan pada dimensi mesin dan ruang yang ada di sekitar serta tuntutan stabilitas mesin.

Baca Juga : Jenis-Jenis Air Dryer dan Pengertiannya

4.       Peredam Getaran : Cara terakhir adalah dengan memasangi kompresor dengan permukaan peredam eksternal yang terdiri dari bahan elastis. Semakin tebal bahan maka semakin meredam suara juga yang artinya juga semakin efektif dalam meredam getaran. Cara terakhir inilah yang merupakan solusi paling hemat biaya meskipun menghasilkan output yang lebih terbatas.

Baca Lebih Lanjut : Contact Us

Nah, ituah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredam kebisingan dari sebuah mesin kompresor. Untuk informasi lebih lanjut tentang kompresor dan sparepartsnya bisa hubungi kami di nomor yang tertera di bawah.

Contact Info

Quick Links

Testimonials

Pricing

Single Project

Single Prost

Portfolio